;

Cara Mengganti Welcome Screen pada Win XP

Ilmu adalah Harta



System Operasi Windows yang merupakan SO paling populer saat ini di dunia, terus meningkatkan berbagai fiturnya. sampai dengan tahun 2000an Microsoft yang merupaka pemegang hak cipta Windows terus mengembangkan tampilan produknya tersebut. Interface yang ditampilkan pun sangat menarik, salah satu interface yang sering kita lihat adalah welcome yang menjadi interface pembuka. namun, tahukan anda kalau interface welcome tersebut dapat anda ganti sesuai dengan selera anda?. i
Memang kalau diperhatikan tampilan Windows Mulai dari boot screen, Welcome Screen sampai tampilan desktopnya sejak awal kemunculannya sampai saat ini sudah Service Pack 3 tidak ada perubahan sama sekali. Padahal kalau ingin pakai Windows Vista atau Windows 7 harus pakai hardware yang berspesifikasi tinggi dan harganya cukup mahal. Sebenarnya kita bisa merubah tampilan Welcome Screen Win XP dengan mendownload pada situssitus yang menyediakan stylestyle untuk XP tapi kalau kita pakai Welcome Screen buatan orang lain rasanya masih kurang pas. Suatu saat saya menemukan ide untuk mengedit file Welcome Screen yang saya download dari internet dan ternyata hasilnya cukup memuaskan karena sesuai dengan yang saya inginkan walaupun tidak sebagus buatan orang yang sudah profesional. Pertama saya mencoba membuat gambar sebisanya menggunakan photoshop lalu gambar tersebut saya masukkan pada file Welcome Screen hasil downloadan dengan software ResHacker kemudian saya menggunakan Tune Up Styler untuk menginstal Welcome Screen hasil editan saya. Pas saya coba ternyata berhasil dan sekarang sudah tidak “katrok” lagi.


Sekarang langsung kita mulai saja membuat image menggunakan Photoshop.


Pertama kita buka dulu Photoshopnya Kemudian buat lembar lembar kerja baru dengan cara klik File > New kemudian isi


Width = 1024 pixels


Height = 768 pixels


Resolution = 72 pixels/inch


Color Mode = RGB Color 8 bit


Untuk ukuran Width dan Height bisa disesuaikan dengan resolusi layar yang digunakan, bila menggunakan LCD Wide Screen gunakan ukuran perbandingan 9 : 16. Setelah itu Klik OK




Set foreground color dengan FF0000 dan background color dengan 000000




Kemudian buatlah efek mendung dengan cara klik Filter > Render > Clouds. Lalu buat efek tornado dengan cara klik Filter > Distort > Twirl kemudian set Angle 250o lalu OK



Untuk membaca lebih lengkap dan jelas, silahkan klik disini (silahkan di download)


Share |